Kelebihan dan Kekurangan Edmodo | dikmediatech

 Kelebihan dan Kekurangan Edmodo 

Kelebihan dan Kekurangan Edmodo | dikmediatech

     Selamat datang sahabat setia dikmediatech, artikel kali ini saya akan membahas sebuah informasi mengenai edmodo yang merupakan salah satu mata pelajaran Sistem Komunikasi Digital (Simkomdig) Sekolah Menengah Kejuruan. Sebelum kita melanjutkan, alangkah baiknya sahabat sudah mengetahui apa itu edmodo ? apa itu edmodo ? edmodo sudah tidak asing bagi siswa SMK, mungkin bagi sebagian orang tidak mengetahui apa itu edmodo ? Edmodo disini adalah sebuah flatform berbasis web yang menyediakan cara yang dapat memudahkan bagi kelas, untuk berhubungan, berinteraksi, berkolaborasi, untuk mengakses suatu tugas/pekerjaan, nilai, dan pemberitahuan. 
     
     Edmodo disini juga merupakan perusahaan tekhnologi pendidikan yang menawarkan alat komunikasi, dan pembinaan untuk guru dan sekolah. untuk masalah jaringannya memungkinkan guru untuk berbagi konten, mendistribusikan sebuah kuis, tugas, dan mengelola dengan siswa, dan orang tua. 
    
     Edmodo dapat diakses dimana saja dan kapan saja, edmodo juga bisa diakses melalui komputer dan pada smartphone(handphone) juga bisa. jika ingin menggunakan edmodo melalui Komputer bisa masuk ke website : https://www.edmodo.com atau bisa juga mengaksesnya di smartphone anda, jika belum ada bisa mendownloadnya dengan mengklik link : Download Edmodo apk apabila anda ingin mendaftarnya melalui handphone, anda bisa mendaftarnya . Tutorial Membuat Akun Edmodo untuk Siswa


      Disamping itu edmodo juga memiliki Kelebihan dan kekurangan, Berikut Kelebihan dan kekurangan edmodo :
1. Kelebihan Edmodo

a. User interface : tampilannya seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

b. Compatibility : mendukung preview berbagai jenis format file seperti pdf, pptx, html, dan lain sebagainya.


c. Aplikasi : edmodo dapat diakses dengan mengunakan gadget berbasis windows(pc) dan Android(Smartphone)

d.Tidak memerlukan server disekolah

e. Dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

f. Edmodo dapat di aplikasikan dtalam satu kelas, satu sekolah atau sekolah dalam satu kabupaten.

g. Edmodo dapat digunakan bagi seorang siswa, guru, bahkan orang tua sekalipun.

h. Fitur Badge dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi siswa, learning material, dan evaluasi.

i. Edmodo digunakan untuk berkomunikasi menggunakan model sosial media. 

j. memberikan keyakinan apapun kepada orang tua yang guru ajarkan sepanjang hari hingga malam dengan mendapatkan dukungan sepenuhnya oleh keluarga dalam belajar. 

k. Berbagi tugas dan batas akhir pengumpulan, pengumuman kelas, event, mengatur pengingat.

2. Kekurangan Edmodo

a. Sosial Media : Edmodo tidak terintegrasi dengn jenis jejaring sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau Google+. sedangkan pada tekhnologi yang makin canggih hampir semua website itu terintegrasi dengna media sosial. jika terintegrasi dengan media sosial itu banyak manfaat kegunaannya, salah satunya dapat berbagi (Sharing) lagi pula kebanyakan orang indonesia lebih familiar dan tidak asing lagi dengan media sosial dan sering kali mengetikkan kata facebook.com di bandingkan edmodo.com.

b. Language : penggunaan bahasa program yang masih menggunakan bahasa inggris, sehingga membuat siswa dan guru kesulitan akan hal itu, karena harus mengetahui apa arti dari kata berbahasa inggris tersebut.

c. Video Conference belum tersedia : hal ini cukup pentingn untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak hadir secara langsung diluar kelas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 Comments

  1. Artikelnya sangat membantu, ditunggu artikel yang lainnya min.
    #salamblogger

    ReplyDelete
  2. artikelnya keren min, siswa di sekolah ini jadi pada tahu kelebihan dan kekurangan dari edmodo tsb :v

    ReplyDelete