Pengertian Komunikasi Daring sinkron dan asinkron | dikmediatech

Pengertian Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron


    Selamat datang sahabat setia dikmediatech, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian komunikasi daring sinkron dan asinkron, sebelum mengenal lebih jauh, mari kita simak pengertian dari komunikasi daring, serta keunggulan dan kelemahan komunikasi daring. langsung simak saja artikel di bawah sahabat :)

Pengertian Komunikasi Daring Sinkron

Pengertian Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron
    Komunikasi daring sinkron atau serempak adalah penggunaan komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang sama melalui bantuan perangkat lunak. salah satu contoh dari komunikasi langsung adalah text chat, video chat, video conference, dan lain lain.

    Layanan text chat memungkinkan para pengguna untuk berkomunikasi menggunakan teks dengan pengguna lainnya. perbedaan mendasar antara text chat dengan e-mail adalah sifat text chat yang merupakan komunikasi sinkron, memastikan pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika pengguna lainnya sedang dalam jaringan online. contoh layanan ini adalah : Layanan text chat, antara lain Gtalk, Yahoo messenger, Facebook chat, dan lain lain. terdapat juga layanan layanan text chat yang berbasis perangkat genggam seperti WhatsApp, Line, Kakao talk, Blackberry Messenger, dan yang lainnya.
    Berbeda dengan layanan text chat, layanan video chat, disebut juga video call atau video phone, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi antarpribadi satu kesatu, dengan menghadirkan mitra bicara dalam bentuk visual dengan suara. Terdapat layanan video call dan video conference yang telah tersedia. contohnya : antara lain Skype, BigBluebutton, Cisco Webex, Google+ hangouts, Ummetme dan lain lain.

Pengertian Komunikasi Daring Asinkron

Pengertian Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron

    Komunikasi Asinkron atau komunikasi daring tak serempak adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan jaringan internet yang dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi asinkron, antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network), dan website. Dalam pengertian asinkron ini akan di bahas tentang penggunaan e-mail sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron. alamat email merupakan bagian dari identitas dunia maya. Hampir seluruh layanan daring mensyaratkan kepemilikan e-mail untuk dapat mengakses berbagai layanan. E-mail singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik disingkat surel. Lebih khusus, e-mail adalah cara pengiriman data, file teks, gambar, foto digital, audio dan video dari komputer satu ke komputer lainnya dalam jaringan internet.

Kelebihan e-mail dibandingkan surat biasa : 
  • E-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat.
  • E-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital.
  • Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi internet.
    Sampai disini saja pengertian komunikasi sinkron dan pengertian komunkasi asinkron dalam jaringan, sekian dan terimakasih sudah mengunjugi dan membaca artikel ini, semoga membantu dan bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »