Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi dan Komponen Komunikasi Daring | dikmediatech

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring Online)

Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi dan Komponen Komunikasi Daring

     Selamat datang sahabat dikmediatech, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai pengertian komunikasi dalam jaringan atau disebut juga daring online, disini saya akan membahas : Pengertian Komunikasi daring, Bentuk dan jenis komunikasi daring, Tujuan Komunikasi Daring, dan Fungsi komunikasi daring lengkap 2019. langsung saja simak artikel dibawah ini.

Komunikasi Daring

1. Pengertian Komunikasi Daring
     Komunikasi daring adalah suatu cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut di sebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace. Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai pada tahun 1960, disebuah universitas of hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan komputer komputer yang tersebar dikampus tersebut. 
  
     Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan menggunakan internet, atau melalui dunia maya (cyberspace). Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (mIRC, Yahoo, Messenger, Gtalk, WhatsApp, dan lain lain), e-mail, friendster, facebook, twitter, dan lain lain.

     Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk melakukan komunikasi, dan keberadaannya semakin membuat manusia tergantung pada teknologi.

2. Bentuk dan Jenis Komunikasi Daring
     Bentuk komunikasi dalam jaringan ada dua, yaitu :
  1. Text chat, merupakan sebuah fitur, fasilitas, aplikasi, atau program dalam suatu jaringan komputer (internet) sebagai media untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung selama pengguna sama sama terkoneksi dengan internet dalam bentuk teks.
  2. Video chat, merupakan komunikasi yang dapat memanfaatkan audio dan video disaat yang bersamaan. Dengan menggunakan video chat memungkinkan seseorang terhubung dan berkomunikasi secara real time walaupun jauh jaraknya.
     Jenis komunikasi daring diklasifikasikan menjadi dua, yaitu :
  1. Komunikasi langsung atau synchronous adalah komputer memediasi komunikasi langsung (dimana orang berkomunikasi secara real time melalui perangkat lunak chat atau diskusi, dengan semua peserta komputer pada waktu yang sama). Bentuk dari komunikasi langsung : text chat dan video chat atau kombinasi keduanya.
  2. Komunikasi online tidak langsung atau asynchronous adalah komputer memediasi komunikasi dalam mode tertunda oleh komputer, dengan menggunakan media seperti e-mail, forum dan menulis dokumen online melalui World Wide Web.
3. Tujuan Komunikasi Daring
     Tujuan komunikasi daring adalah untuk membagi sumber daya, misalnya berbagai pada CPU, Printer, Scanner, Harddisk, dan sebagainya. Misalnya printer yan terdapat di suatu ruangan hanya ada satu, maka printer tersebut dapat dibagi pemakaiannya, sehingga semua dalam satu ruangan dapat menggunakannya.

4. Fungsi Komunikasi Daring
  1. komunikasi sosial
  2. komunikasi ekspresif
  3. komunikasi instrumental
5. Komponen Komunikasi Daring
     Komunikasi Jaringan komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
  1. Komponen hardware : Perangkat keras yang secara kasat mata atau fisik dapat dilihat dan di sentuh, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
  2. Komponen Software : Perangkat lunak yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan hardware.
  3. Pengguna merupakan pengendali semua perangkat dan pengguna pula mengolah semua data.
  4. Komunikasi merupakan kegiatan untuk menyampaikan data atau informasi.
        Sampai disini artikel tenang Pengertian komunikasi daring, Bentuk dan jenis komunikasi daring, Tujuan komunikasi daring, Fungsi komunikasi daring, dan komponen Komunikasi daring yang dapat dikmediatech bahas, sekian dan terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »