Pengertian Perangkat keras dan perangkat lunak lengkap | dikmediatech

Pengertian Perangkat keras dan perangkat lunak lengkap 

          Selamat datang sahabat setia dikmediatech, pada artikel kali ini saya akan membahas satu pembahasan yaitu akan membahas mengenai pengertian Perangkat keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software), sebelum mengenal lebih jauh, ada baiknya kita juga harus memahami apa itu Hardware ? Apa itu Software ? Hardware dan software pada dasarnya merupakan bagian dalam sistem komputer.

     Dalam teknologi informasi dan komunikasi, terutama teknologi sangat berkaitan erat dengan Hardware, kita pasti sudah sering mendengar istilah Hardware dan software,  Hardware merupakan istilah yang sering muncul pada bagian komputer, terutama ketika kita sering menggunakannya dalam kehidupan sehari hari yang di dalamnya terdapat bagian dan fungsi dari perangkat keras (hardware) dan Perangkat lunak (software), dibawah ini merupakan pengertian dari  Perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software)

      Teknologi pada saat ini sudah sangat canggih, dibandingkan pada tahun tahun sebelumnya. Banyak pengguna (user) yang menggunakan perangkat perangkat sistem komputer, bagaimana sahabat sudah paham dengan penjelasan singkat diatas ? jika masih belum paham, jangan khawatir dikmediatech akan membahas lebih jelas tentang Hardware dan Software diatas. Dibawah adalah pengertian Hardware dan Software.

Pengertian Hardware
    Perangkat keras atau lebih sering dikenal dengan istilah Hardware merupakan sebuah komponen fisik pada komputer yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang telah terprogram atau dalam arti singkatnya sebuah perangkat pada komputer yang bisa di sentuh, dilihat, dan di raba oleh panca indera.
Pengertian Perangkat keras dan perangkat lunak lengkap | dikmediatech

       Perangkat seperti komputer saat ini sudah banyakdikenal dan dimiliki oleh berbagai kalangan. Komputer dapat memudahkan kita dalam pengerjaan tugas kantor dan juga merupakan salah satu perangkat penting. Perangkat penyusun dari komputer yang berasal dari perangkat keras ini tidak hanya perangkat yang ada di dalam komputer saja, tetapi juga semua perangkat yang berhubungan komputer. Perangkat keras terdiri dari beberapa bagian yang meliputi input, proses, dan output.

Pengertian Software
     Perangkat lunak atau Software merupakan suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras, sehingga perangkat lunak aplikasi dapat dapat melakukan tugasnya. Contoh : Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Office, dan lain lain.
Pengertian Perangkat keras dan perangkat lunak lengkap | dikmediatech


    Perangkat lunak yang  ada pada komputer disebut juga dengan istilah software. Dengan adanya perangkat ini, kita bisa menggunakannya untuk membuat tugas sekolah, untuk mengakses internet, untuk memutar audio dan video dan lain lain.

     Kita yang sudah pernah menggunakan komputer pasti tahu yang namanya microsoft office, chrome,  mozilla, coreldraw, windows media player dan yang lainnya. Yang kita gunakan itu adalah macam macam perangkat lunak komputer yang sering kita gunakan.

  Sampai disini saja sahabat yang dapat saya bahas mengenai pengertian perangkat lunak dan pengertian perangkat keras atau disebut juga dengan istilah hardware dan software, semoga artikel diatas dapat membantu sahabat dalam mengetahui perangkat perangkat dalam komputer.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »