Cara Reset Router Mikrotik | dikmediatech

Cara Reset Konfigurasi Pada Router Mikrotik


Cara Reset Konfigurasi pada Router Mikrotik | dikmediatech
       
      Selamat datang sahabat setia dikmediatech, pada artikel kali ini saya akan membahas sebuah artikel tentang bagaimana cara me-reset konfigurasi pada router mikrotik ? sebelum membahas lebih jauh lagi, ada baiknya kita mengetahui untuk apa kita melakukan reset pada router mikrotik, Sebagian orang masih merasa asing dengan yang namanya Router mikrotik. 

      Seiring perkembangan zaman, dalam teknologi informasi dan komunikasi di zaman sekarang sudah menjadi lebih baik di bandingkan dari tahun tahun sebelumnya, terutama dalam hal teknologi dan komunikasi. alasan kita untuk mereset router mikrotik ? reset konfigurasi itu banyak di gunakan apabila, seorang pengguna atau user lupa akan Username atau Passwordnya, dan juga konfigurasi terlalu kompleks dan perlu di tata dari awal.

   Pengertian mikrotik menurut wikipedia 
Mikrotik RouterOS™MikroTik RouterOS™ merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router.MikroTik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringanwireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router


      Dibawah ini terdapat beberapa cara untuk mereset konfigurasi pada router mikrotik, yang saya bahas antara lain :

  1. Hard Reset.
  2. Soft Reset. 
  Cara reset dengan cara Hard Reset  
      Dibawah ini adalah cara cara untuk me-reset konfigurasi router microtik dengan menggunakan hard reset, langkah langkahnya.
Cara Reset Konfigurasi pada Router Mikrotik | dikmediatech

  1. Siapkan RouterBoard Mikrotik.
  2. Tekan tombol reset, sambil di tancapkan power adapter nya.
  3. Tekan terus tombol reset dan tunggu hingga semua lampu indikator pada routerboard menyala dan berkedip semua, jika lampu indikator berhenti berkedip, itu tandanya proses reset telah berhasil.
  4. Tunggu beberapa saat, setelah itu sahabat bisa masuk ke router melalui aplikasi WinBox.
  Cara reset dengan cara soft reset
        Cara untuk melakukan soft reset pada router mikrotik, berikut langkah langkahnya.
1. Buka dan Masuk ke router melalui aplikasi WinBox.
2. Setelah itu masuk ke menu system >> Reset Configuration >> setelah itu akan muncul menu tampilan berikut :

Cara Reset Konfigurasi pada Router Mikrotik | dikmediatech


    Berikut merupakan penjelasannya :
  • Keep User Configuration : Untuk me-reset semua konfigurasi tapi user untuk login ke router tidak akan di reset karena sudah menjadi default.
  • No Default Configuration : apabila di centang maka setelah di reset, router akan kembali ke awal tanpa ada konfigurasi default, seperti kita membeli router baru, jika tidak di centang maka setelah proses reset selesai, akan ada konfigurasi default pada router mikrotik kita.
  • Do Not Backup : secara default router mikrotik akan melakukan proses membuat backup, akan tetapi jika menu ini di centang maka router tidak akan membuat file backup.
3. tunggu beberapa saat, router sedang melakukan reset.
4. Setelah selesai me-reset, kemudian login kembali menggunakan WinBox, maka router kita telah bersih dari konfigurasi

    Sampai disini tahap Cara Reset Konfigurasi Pada router mikrotik, semoga artikel kali ini dapat membantu sahabat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 Comments

  1. Terima kasih min, sangat membantu. sekarang jadi tahu bagaimana cara untuk mereset mikrotik. ditunggu lagi min artikel berikutnya.

    ReplyDelete
  2. Iya sama sama gan, saya juga masih belajar gan

    ReplyDelete