Bagian Bagian Komputer dan Fungsinya | dikmediatech


Bagian bagian komputer dan fungsinya Lengkap - dikmediatech
        
Bagian Bagian Komputer dan Fungsinya | dikmediatech

     Selamat datang sahabat setia dikmediatech, pada artikel kali ini saya akan membahas satu pembahasan yaitu akan membahas mengenai pengertian Bagian bagian komputer dan fungsinya, sebelum mengenal lebih jauh, ada baiknya kita juga harus memahami apa itu komputer ? Komputer pada dasarnya merupakan bagian utama dalam sistem komputer, yang terdiri dari software dan hardware.

     Dalam teknologi informasi dan komunikasi, terutama teknologi sangat berkaitan erat dengan komputer , kita pasti sudah sering mendengar istilah Komputer,  lantas bagaimana dengan bagian bagian dalam komputer ? Bagian ini merupakan istilah yang sering muncul pada komputer, terutama ketika kita sering menggunakannya dalam kehidupan sehari hari yang di dalamnya terdapat bagian dan fungsinya masing masing.

      Teknologi pada saat ini sudah sangat canggih, dibandingkan pada tahun tahun sebelumnya. Banyak pengguna (user) yang menggunakan perangkat perangkat sistem komputer yang didalamnya berkaitan dengan bagian bagian komputer yang belum menjadi satu, bagaimana sahabat sudah paham dengan penjelasan singkat diatas ? jika masih belum paham, jangan khawatir dikmediatech akan membahas lebih jelas, dibawah ini merupakan bagian bagian pada komputer dan fungsinya :

      Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu. Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan atau di perintahkan .

  1. Casing
        Casing adalah bagian yang melapisi perangkat perangkat keras didalamnya. Casing ini berfungsi untuk melindungi bagian dalam (penghuninya), bagian dalam contohnya : motherboard, floppy disk, power supply dan lain lain, dari gangguan eksternal seperti benturan, debu, air, panas, sehingga perangkat tetap bisa berjalan.
  2. Keyboard
        Keyboard adalah papan ketik yang tersusun atas tombol tombol kecil bertuliskan huruf, angka, dan beberapa simbol yang memanfaatkan kabel USB sebagai penghubungnya. Keyboard berfungsi sebagai sarana mengetik dalam pengoperasian komputer.
  3. Mouse
        Mouse adalah suatu hardware komputer yang menerima masukan berupa gerakan, tekanan tombol ( click ) dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file dan folder. a
  4. CD-ROM    CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory) merupakan salah satu memori yang hanya dapat di baca (read-only), tidak bisa ditulis atau diubah. CD-ROM hanya dapat membaca kepingan CD. CD-ROM berfungsi untuk melakukan penginstalasian sebuah Sistem Operasi (Operating System) game, atau Software lainnya. Atau melakukan booting pada saat masuk ke OS apabila sebuah sistem tidak mau berjalan.
  5. Monitor
        Monitor adalah perangkat keras yang di pakai untuk menampilkan output data grafis yang berasal dari sumber sumber grafis lainnya, seperti CPU, satelit, dan berbagai sumber data grafis lainnya. Monitor berfungsi untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut VGA card. 
  6. Power Supply    Power supply adalah suatu perangkat keras pada komputer yang bertugas mengalirkan arus listrik untuk komponen komponen hardware pada komputer arus searah (arus DC). Power supply berfungsi untuk mengaliri arus listrik untuk komponen perangkat keras dengan arus searah (arus DC). Arus listrik yang masuk kedalam power supply berupa arus bolak balik (arus AC).
  7. Motherboard
        Motherboard adalah papan sirkuit yang disusun atas beberapa komponen utama yang saling terkoneksi. Fungsi dari motherboard tempat disusunnya seluruh rangkaian sistem komputer seperti prosesor/CPU, Harddisk, RAM, VGA, LAN card, dan juga semua socket dari sebuah komponen.
  8. CPU (Central Prosesing Unit)    CPU adalah sebuah perangkat keras yang menjadi pusat pemrosesan data. Dengan fungsi nya melakukan operasi aritmetika dan logika terhadap data yang diambil dari informasi yang dimasukkan perangkat keras seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.
  9. Harddisk
        Harddisk adalah suatu device (komponen pada komputer yang merupakan piranti penyimpanan sekunder, dimana data yang disimpan sebagai pulsa magnetik. Piringan logam yang disebut platter yang berputar secara terintegrasi. Fungsi harddiskk : sebagai media penyimpanan pada komputer atau storage data secara permanen. 
  10. RAM (Random Access Memory)    RAM adalah suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak. RAM berfungsi untuk membantu kinerja komputer agar bisa menyimpan data secara sementara.
  11. VGA (Video Graphics Accelerator)    VGA adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA berfungsi untuk mengolah dan menerjemahkan output komputer PC ke layar monitor.
  12. ROM (Random Access Memory)    ROM adalah chip yang ada pada komponen komputer atau perangkat elektronik lainnya yang berguna untuk menyimpan informasi. ROM berfungsi sebagai tempat eksekusi kode booting, sebagai alat pendistribusian software komersial, sebagai media penyimpanan dengan tingkat keamanan tinggi.
  13. Sound card    Sound card adalah perangkat keras yang berfungsi mengeluarkan suara.
  14. Printer
        Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar hingga saat ini printer sudah berkembang.
  15. Floppy disk    Floppy disk adalah alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan kedalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah 3,3 inch. Untuk media penyimpanannya sendiri menggunakan disket.
  16. Scanner
        Scanner merupakan alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.



     Sampai disini saja sahabat artikel yang dapat saya bahas mengenai bagian bagian pada komputer dan fungsinya. Semoga artikel diatas dapat membantu sahabat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »