3 Protokol yang dikenal pada jaringan komputer | dikmediatech

3 Protokol yang dikenal pada jaringan komputer


    Selamat datang sahabat dikmediatech, pada artikel kali ini yang akan saya bahas adalah  mengenai protokol dalam jaringan, salah satunya yaitu 3 protokol yang dikenal pada jaringan komputer. Sebelum mengenal lebih jauh, ada baiknya sahabat mengetahui pengertian dari protokol itu sendiri. apa itu protokol jaringan ? protokol jaringan adalah suatu perangkat pengatur yang digunakan dalam jaringan, protokol adalah aturan main yang mengatur komunikasi antara beberapa komputer didalam sebuah jaringan, sehingga komputer komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikasi. lebih jelasnya pengetian sistem komputer 
  
Baca juga : Pengertian dan jenis jenis topologi jaringan
Baca juga : Jenis jenis kabel yang digunakan dalam sebuah jaringan
     Sebagian orang masih merasa asing ketika mendengar protokol jaringan ? Protokol disini dapat mengatur komunikasi. Disini juga terdapat fungsi dari protokol jaringan yaitu : agar suatu komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain, kedua komputer tersebut membutuhkan kesepakatan tentang tata cara berkomunikasi. tata cara atau aturan komunikasi ini yang disebut juga dengan Protokol.

 3 protokol ini yaitu :

1. NetBEUI (NETBIOS Extended User Interface)
     NetBEUI menggunakan aturan penamaan dengan 16 Karakter dimana 15 karakter untuk nama dan 1 karakter untuk tipe dari Entity. NetBEUI tidak memiliki kemampuan routing, sehingga jaringan dengan NetBEUI bersifat lokal, atau tidak bisa menghubungkan 2 jaringan NetBEUI.

2. IPX/SPX (Internet/Sequence Packet Exchange)
     IPX/SPX merupakan pengembangan dari NetBEUI dengan menambahkan kemampuan Routing dan remote console.

3. TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol)
     TCP/IP menggunakan aturan penamaan dengan beberapa angka numerik yang dipisahkan dengan titik. TCP/IP merupakan protokol jaringan yang paling banyak digunakan karena didorong dari kenyataan bahwa internet menggunakan protokol TCP/IP.

   Bagaimana Jaringan itu dapat bekerja ?


3 Protokol yang dikenal pada jaringan komputer

    Area Jaringan komputer  ditentukan berdasarkan jarak jangkauan, dan kebutuhan peralatan yang digunakan seperti repeater, bridge, router, atau gateway.
  1. Jaringan komputer local (LAN)
  2. Jaringan komputer metropolitan (MAN)
  3. Jaringan komputer skala luas (WAN)
    sampai disini sahabat pembahasan yang dapat dikmediatech bahas, sekian dan terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan membantu sahabat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 Comments