Manfaat Internet Bagi Pelajar dan Masyarakat | dikmediatech

Manfaat Internet bagi pelajar

Manfaat Internet Bagi Pelajar dan Masyarakat | dikmediatech

      Selamat datang sahabat setia dikmediatech, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai manfaat internet bagi pelajar, sebelum mengenal lebih jauh, ada baiknya kita juga harus mengetahui apa itu internet dan apa manfaat internet bagi pelajar ? pastinya sahabat sudah tidak merasa aasing mendengar istilah internet, apa sih yang di namakan internet ? internet pada dasarnya merupakan kependekan dari Interconnection-Networking. Lantas apa pengertian internet ? internet adalah seluruh jaringan komunikasi yang menggunakan media elektronik, yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaaran paket. 

      Dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, terutama internet. Internet dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Begitu juga oleh anak di bawah umur juga banyak yang sudah dapat menggunakan interne. Bagaimana sahabat sudah paham dengan singkat pembahasan diatas mengenai pengertian internet ? jika masih belum, mari kita simak manfaat internet bagi pelajar. 


      Manfaat internet bagi pelajar. Dibawah ini akan saya bahas beberapa manfaat internet yang wajib untuk di ketahui oleh kita semua dan yang paling penting dalam dunia pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar dan mengajar siswa. Jika membahas dampak positif dan negatif dari internet, semuanya pasti terdapat dampak positif dan dampak negatif. Tetapi semua itu tergantung pada diri masing masing, bagaimana pemanfaatannya. 



  • Memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan, memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan artinya ketika kita mendapatkan sebuah tugas, dan kita di minta untuk mencari tugas di internet. 
  • Sebagai media tambahan dalam pembelajaran yang belum dimengerti. Pasti pada saat pembelajaran kita pernah tidak mengerti apa hang telah di terangkan guru di sekolah, terutama yang sekarang ini adalah metode pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013, jadi murid diberi materi pembelajaran dengan kemampuannya. Dari manfaat ini kita sering mencari informasi tentang materi yang telah guru berikan kepada kita.
  • Sebagai sarana komunikasi, sarana komunikasi disini untuk bertukar informasi dengan teman atau guru di internet untuk menambah wawasan, akan tetapi terlihat jarang manfaat ini untuk sarana informasi melainkan sarana untuk melakukan chattingan.
  • Melatih siswa agar mengetahui cara penggunaan komputer, jika seorang guru memberikan kita tugas lewat internet, otomatis kita menggunakan alat yaitu komputer. Misalnya pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dalam materi pembelajaran TIK juga banyak membahas mengenai Teknologi dan juga Software Software.


       Tambahan di sini juga terdapat beberapa manfaat internet bagi masyarakat :

  • Internet sebagai sumber informasi tentang apapun yang akan sangat membantu kehidupan bermasyarakat. Terutama bagi masyarakat yang bekerja di bidang pendidikan, litersi, dan yang lainnya dapat mencari informasi dalam internet.
  • Mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan. Misalnya ada satu kantor pada Unit Pemertintah Tingkat Daerah Kecamatan terdapat data yang harus di serahkan pada kantor pusat, penyerahan disini bisa melalui media surat elektronik atau e-mail tentunya dalam pengirimannya menggunakan akses internet.
  • Dalam Pergaulan, internet juga memiliki peranan yang paling besar. Banyak forum dan jejaring sosial saat ini yang bisa membantu siapa saja untuk menambah pergaulan, akan tetapi pergaulan di sini pergaulan yang saling bertukar informasi dalam hal positif, tidak hanya menambah pergaulan, namun dapat memperat pertemanan dan kita dapat bersosalisasi atau berbaur dengan mereka.
  • Belakangan ini banyak sekali pembisnis, terutama bisnis online, kita juga bisa menjalankan bisnis melalui media internet sebagai alat utamanya.
  • Manfaat ini tidak hanya pada para pembisnis, akan tetapi juga untuk konsumen nya. Misalnya sekarang sekarang ini banyak yang sedang mencari barang, jika kita sedang tidak ingin keluar rumah untuk mencari barang yang diinginkan, kita bisa memesan barang dan membayar barang tersebut dengan cara online. 

   
    Sampai disini sahabat artikel mengenai manfaat internet bagi pelajar dan  manfaat internet bagi masyarakat,semoga artikel ini dapat membantu sahabat, terutama untuk para pelajar maupun orang tua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 Comments

  1. terimakasih min sekarang sudah tahu apa manfaat internet bagi pelajar dan juga bagi masyarakat. ditunggu artikel selanjutnya min

    ReplyDelete