Pengertian dan Fungsi Physical layer | dikmediatech

Pengertian dan Fungsi Physical layer

Pengertian dan Fungsi Physical layer

    Selamat datang sahabat dikmediatech, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian dari Physical layer, apa itu physical layer ? mungkin sebagian orang merasa asing dengan yang namanya physical layer, physical layer disini memiliki pengertian dan juga fungsi nya masing masing.

Pengertian Physical Layer

pengertian dari phyiscal layer adalah layer dilapisan pertama (terbawah) pada pemodelan layer OSI. Sebelum mengenal lebih jauh, ada baiknysa sahabat mengetahui apa itu pemodelan layer OSI ? 

    Pemodelan layer OSI (Open System Interconnection) merupakan pemodelan yang pertama kali digunakan didalam jaringan komputer dan ditetapkan oleh ISO (International Standard Organization) Secara konseptual, pada pemodelan layer OSI terdapat tujuh buah layer OSI didalamnya. Ketujuh buah layer ini memiliki fungsi masing masing didalam jaringan.

Sesuai dengan namanya physical layer ini lebih banyak menangani perangkat fisik (hardware) pada jaringan komputer. Layer ini juga memiliki fungsi didalamnya, dibawah ini fungsi dari Physical layer.

Fungsi Physical Layer :

    Fungsi Physical Layer merupakan berkaitan dengan electrical dan Optical koneksi antar peralatan. Data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat ditransmisi melalui media jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layer physical. Peralatan yang di butuhkan seperti Repeater, Hub, dan Network card.

    Termasuk juga didalam pengolahan sinyal  baik digital maupun analog. Physical layer ini memiliki fungsi penting diantaranya :

  1. Sebagai media transmisi jaringan secara fisik melalui kabel jaringan (wired)
  2. Ikut menentukan didalam proses pengkabelan (misal dengan RJ-45)
  3. Ikut menentukan didalam topologi jaringan, baik dengan topologi bus, Ring, Star, dll.
  4. Membantu didalam proses penginstalan.
  5. Membantu didalam proses sinkronisasi.
Bit merupakan satuan terkecil dari suatu data. 1 byte (B) setara dengan 8 bit (b). Adapun physical layer ini memberikan beberapa hal berikut :
  1. Data encoding (bagaiman merepresentasikan binari 1, menerima dan mengelola bit)
  2. Physical medium attachment (mengakomodasi kemungkinan dalam berkomunikasi dengan media tertentu).
  3. Transmission technique (transmisi digital atau analog).
  4. Physical medium transmission (mentransmisikan bit sebagai electrical atau optical signal ke media fisik.
    Sekian artikel yang dapat dikmediatech bahas, sekian dan terimakasih sudah membaca dan mengunjungi semoga dapat bermanfaat bagi sahabat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »