Konfigurasi Web Server debian linux menggunakan Client | dikmediatech

Konfigurasi Web Servers Debian linux

Konfigurasi Web Servers Debian linux
    Selamat datang sahabat setia dikmediatech, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang konfigurasi Web server yang terdapat dalam Debian. dibawah ini saya akan memberikan Cara atau Tutorial Konfigurasi Web servers pada debian menggunakan virtualbox, sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita harus memahami cara cara mengkonfigurasi web server pada pc client.

Tonton Juga : Konfigurasi Web Server Debian Jangan lupa subscribe ya :)
    Sebelum kita melanjutkan ke tahap selanjutnya , akan lebih baik jika kita sudah melakukan konfigurasi DNS server. Kenapa harus melakukan konfigurasi DNS Server ?? Karena website yang akan kita gunakan untuk mencoba menjalankan web server pasti kita akan membutuhkan yang namanya alamat domain yang harus di daftarkan pada DNS server.
       Jika anda belum menginstall dan melakukan konfigurasi DNS server, andabisa mengikuti tutorial Install dan konfigurasi DNS server pada Debian berikut. Apa saja yang akan kita konfigurasi pada DNS Server ? pada DNS Server kita akan mengkonfigurasi seperti IP address dan domain pada tutorial diatas dibuat sama dengan tutorial ini agar mudah dipahami dan dilanjutkan pada tahap selanjutnya yaitu melakukan Konfigurasi Web Server.

       Apa itu apache ? Bagi orang yang masih awam pastinya akan berpikir apa itu apache ? kalau yang mengerti masalah komputer mungkin sudah tidak asing lagi karena ini menyangkut degan yang namanya Web. Nama resminya Apache HTTP Servers, Apache Merupakan sebuah Perangkat lunak (Software) web servers yang sifatnya Open source. Software ini menjadi platform website di seluruh dunia, Apache juga memiliki fungsi salah satunya untuk memudahkan pemilik website dalam membuat sesuatu di web, softwarenya juga diikuti dengan kata "Web Server" dibawah ini merupakan tutorial atau cara menginstall dan mengkonfigurasi Web Servers.


# INSTALASI DAN KONFIGURASI APACHE (Web Servers)
1. Install apache2 links, perintah yang digunakan untuk menginstall Web Servers. Perintah yang untuk menginstall Web servers cukup dengan mengetikkan perintah  :
# apt-get install apache2 links


Konfigurasi Web Servers Debian linux


2. Maka akan muncul pilihan pertanyaan, apakah kamu ingin melanjutkan ? untuk melanjutkan dengan mengetikkan huruf " y "pada keyboard. Do you want to continue [Y/n] ? ketik y
Konfigurasi Web Servers Debian linux

3. Kemudian ketikkan perintah --> nano /var/www/index.html untuk mengedit Script yang nantinya akan di tampilan di website yang akan kita buat. untuk scriptnya terserah kita inginnya seperti apa ? saya mengetikkan contoh sederhana saja. 
Konfigurasi Web Servers Debian linux
       Jika sudah selesai membuat, untuk menyimpannya yaitu dengan menekan tombol " Ctrl + x " lalu ketik --> Enter

4. Selanjutnya restart konfigurasi apache2 links yang sudah kita lakukan sebelumnya. Dengan mengetikkan perintah # /etc/init.d/apache2 restart


Konfigurasi Web Servers Debian linux

5. Untuk mengecek atau melihat apache2 links benar benar telah dibuat atau belum, dengan mengetikkan perintah (links dan nama domain) ---> " links smkpui.net "
Konfigurasi Web Servers Debian linux
6. Maka akan muncul tampilan sebuah project yang tadi sudah kita buat di " nano /var/www/index.html " tadi.
Konfigurasi Web Servers Debian linux
     Perintah Untuk mengeluarkan pada tampilan diatas cukup dengan cara menekan tombol " q ".
Konfigurasi Web Servers Debian linux

7. Pastikan pc client Windows 7 sudah dibuat. kemudian Cek di Pc Client untuk melihat yang tadi kita sudah membuat sebuah project. Dengan masuk ke Browser. 


Konfigurasi Web Servers Debian linux

 8. Setelah itu membuka browsernya. Dan ketikkan nama domain yang awal sudah di buat. lalu tekan enter. Maka akan muncul tampilan Web yang sudah di buat pada " nano /var/www/index.html "
Konfigurasi Web Servers Debian linux
sampai disini tahap mengkonfigurasi web server, pc client sebagai tempat penguji apakah web server kita sudah berhasil atau belum, jika tampilan seperti diatas, itu tandanya sudah berhasil.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »