Fungsi dari Jaringan WAN | dikmediatech

Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network)

Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network)

     Selamat datang sahabat setia dikmediatech, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai fungsi jaringan WAN, sebelum kita mengenal lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui dan memahami apa itu WAN ? jangan khawatir dikmediatech sudah membuat artikel tentang Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network). Bacalah artikel tentang WAN dengan seksama. 

    Jaringan WAN memiliki beberapa fungsi, berikut ini adalah beberapa fungsi dari sebuah jaringan WAN (Wide Area Network) antara lain sebagai berikut :

Fungsi Jaringan WAN :

  1. Mengintegrasikan dan menggabungkan jaringan LAN dan MAN menjadi satu.
       Fungsi utama dari dibangunnya sebuah jaringan luas atau WAN adalah untuk melakukan integrasi dan juga penggabungan dari jaringan LAN dan juga jaringan MAN, menjadi satu kesatuan jaringan yang utuh. Biasanya, fungsi ini akan sangat berguna bagi sebuah perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang, diluar negeri dan juga diluar kota.
       Dengan adanya jaringan WAN, maka setiap kantor cabang ataupun kantor perwakilan akan saling terhubung satu sama lain dengan sebuah jaringan komputer yang sangat luas.
  2. Mempermudah dan mempercepat arus informasi dan komunikasi.
      Fungsi berikutnya dari sebuah jaringan komputer WAN adalah memudahkan dan juga mempercepat arus informasi dan juga komunikasi. Seperti contoh sebuah komunikasi dari kantor cabang, perwakilan dan juga kantor pusat.
       Dapat dibayangkan apabila kantor cabang yang berada di pulau kalimantan, hau=rus meminta informasi dari kantor pusat yang berada di Pulau Jawa. Tanpa adanya jaringan terintegrasi WAN, maka tentu saja hal ini berjalan sangat lama dan juga sangat sulit. Karena itu , dengan adanya jaringan WAN setiap kantor cabang akan lebih cepat  dan juga mudah dalam mengaksses dan juga memperoleh informasi dari kantor pusat.
  3. Mengingkatkan efisiensi perpindahan arus informasi
       Dengan semakin mudahnya arus informasi dan juga transfer data akan lebih memudahkan informasi yang datang dan keluar menjadi lebih cepat. Seperti komunikasi antar kantor cabang dan juga kantor perwakilan, maka sudah pasti efisiensi waktu akan tercipta dan akan menjadi sangat baik.
       Dengan meningkatnya efisiensi waktu yang dimiliki kantor dalam melakukan transmisi data, maka hal ini akan menyebabkan kinerja dan juga kemampuan perusahaan akan menjadi semakin baik dan juga semakin meningkat.
  4. Menghemat biaya operasional
       Penghematan dari biaya operasional pun akan menjadi lebih baik lagi. hal ini tentu saja berhubungan erat dengan efisiensi waktu dan juga tenaga yang dihasilkan berkat adanya jaringan WAN ini.
       Bayangkan saja apabila kantor cabang harus mengambil data dan juga informasi tna[a menggunakan jaringan WAN, maka bisa jadi staff dari kantor cabang tersebut harus pergi ke kantor pusat untuk memperoleh infromasi yang dibutuhkan, yang pastinya biaya transportasi yang akan membengkak dan menyebabkan pengeluaran perusahaan dari biaya operasional menjadi semakin bertambah.
  5. Mencegah terjadinya miskomunikasi
       Miskomunikasi juga biasanya sering terjadi apabila komunikasi dan juga penyampaian informasi dilakukan secara manual. Hal ini wajar saja karena manusia memang memiliki kecenderungan untuk salah dalam menafsirkan, sehingga bisa saja miskomunikasi tersebut dapat mengganggu jalannya bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.
     m  Disinilah jaringan WAN memegang fungsi dan juga peranan yang sangat penting bagi arus informasi dan juga proses komunikasi dari setiap kantor yang ada. Dengan menggunakan jaringan WAN sebagai media transmisi data dan informasi, maka kejadian miskomunikasi akan dapat diminimalisir bahkan dihilangkan. Hal ini disebabkan karena nantinya setiap user dan setiap kantor cabang juga perwakilan akan memperoleh informasi yang sama lain, karena berasal dari satu komputer induk atau server yang sama.
       Mengakses serta menggunakan internet secara menyeluruh dengan jangkauan yang luas diharuskan menggunakan hardware jaringan seperti jenis kabel jaringan komputer mana yang harus dipasangkan. Seperti pada kabel fiber optic, cara kerja fiber optic sebagai media transmisi menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk digunakan pada jaringan WAN, sebab kabel fiber optic cukup stabil dalam melakukan file transfering yang baik.
  6. Mendukung operasionalitas dari sebuah perusahaan multinasional dan internasional
       Fungsi WAN yang berikutnya adalah dapat mendukung opersaionalitas dari perusahaan yang berskala multinasional dan juga internasional. Dengan adanya jaringan WAN pada sebuah perusahaan tersebut, maka segala bentuk kegiatan operasional dapat berjalan dengan lebih baik.
       Meskipun jaringan WAN memiliki banyak fungsi yang sangat mendukung kegiatan operasional perusahaan. akan tetapi untuk mengimplementasikan sebuah jaringan WAN cukup sulit. Hal ini tentu saja disebabkan kondisi geografis yang amat luas, yang mencakup multinasional atau banyak negara.
       Beberapa negara mensyaratkan regulasi tertentu agar sebuah perusahaan bisa membangun jaringan yang terhubung dengan jaringan WAN, serta biaya pembangunan menara transmisi ataupun kabel jaringan bawah laut yang memiliki biaya investasi yang tidak sedikit.
    Sampai disini saja sahabat dikmediatech pembahasan mengenai fungsi dari jaringan berbasis WAN (Wide Area Network), terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu sahabat dalam memahami lebih jauh mengenai jaringan WAN (Wide Area Network).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »