Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network) | dikmediatech

Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network)

Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network)

     Selamat datang sahabat setia dikmediatech, pada artikel kali ini dikmediatech akan membahas tentang Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network), sahabat mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata jaringan berbasis luas (WAN),  Apa itu WAN ? WAN (Wide Area Network) merupakan sistem jaringan yang menghubungkan antar Autonomous System (AS). Autonomous System suatu kelompok terdiri dari satu atau lebih IP Prefix yang terkoneksi yang dijalankan oleh satu atau lebih operator jaringan di bawah satu kebijakan routing yang didefinisikan dengan jelas. AS diperlukan bila suatu jaringan terhubung ke lebih dari satu AS yang memiliki kebijakan routing yang berbeda. Satu Autonomous System dapat terdiri atas satu jaringan atau lebih. WAN mencakup daerah geografis yang luas, memungkinkan komunikasi antara dua perangkat yang terpisah dengan jarak yang sangat jauh. WAN menghubungkan beberapa LAN melalui jalur komunikasi dari service provider. Karena jalur komunikasi tidak bisa langsung dimasukkan ke LAN maka diperlukan beberapa perangkat Interface.

      Pada materi ini saya akan membahas lebih dalam tentang jaringan berbasis luas (WAN). Untuk itu bersungguh-sungguhlah dalam memahami materi ii dengan seksama agar mendapat hasil yang maksimal dan mendapat banyak ilham. 

Pengertian Jaringan WAN

   Pengertian WAN atau Wide Area Network adalah kumpulan komputer dan sumber daya jaringan yang terhubung melalui jaringan wilayah geografis lebih luas. Wide Area Network biasanya terhubung baik melalui internet dengan dibuat pengaturan khusus oleh perusahaan penyedia layanan. Perbedaan WAN, LAN, dan MAN karena jarak antara masing masing jaringan. Dalam WAN, satu jaringan bisa saja beberapa ribu kilometer jauhnya bahkan bisa berada di belahan dunia atau negara yang berbeda.

   Oleh karena itu, Jaringan WAN atau Wide Area Network adalah jaringan yang mencakup wilayah yang luas dan merupakan perluasan jaringan LAN (Local Area Network) yang dirancang untuk berhubungan dengan jaringan komputer teritorial yang menyediakan lebih banyak layanan dan pengguna yang lebih banyak, maka dapat dikatakan bahwa sebuah WAN menghubungkan lebih dari satu LAN dan digunakan untuk wilayah geografis yang lebih besar. WAN mirip dengan sistem jaringan komputer perbankan, dimana ratusan cabang di berbagai kota terhubung satu sama lain untuk berbagi data resmi mereka. Sebuah WAN bekerja dengan cara yang mirip dengan LAN, hanya saja pada skala yang lebih besar. Biasanya, perangkat WAN menggunakan protokol TCP/IP berkombinasi dengan perangkat seperti Router, Switch, Firewall, dan Modem.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan WAN

Kelebihan dari Jaringan WAN : 


  1. Berbagi informasi atau file melalui area yang lebih besar.
  2. Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.
  3. Mempunyai sistem jaringan yang besar/luas sehingga mampu menjangkau negara, benua, bahkan seluruh dunia.
  4. Jika terkoneksi dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang jaraknya jauh bisa di lakukan secara cepat.
    1. Dapat berbagi resources dengna koneksi workstations.

Kekurangan dari Jaringan WAN :

  1. Biaya operasional mahal karena maintenannya sangat luas.
  2. Dalam hal settingan atau pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat alat yang diperlukan juga sangat mahal.
  3. Memerlukan firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini.
  4. Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.

Karakteristik Jaringan WAN :

  1. WAN umumnya menghubungkan perangkat yang dipisahkan oleh wilayah geografis yang lebih luas yang tidak dapat dilayani oleh LAN.
  2. WAN menggunakan jasa operator, seperti perusahaan telepon, perusahaan kabel, satelit sistem, dan penyedia jaringan.
  3. WAN menggunakan koneksi serial dari berbagai jenis untuk menyediakan akses bandwidth atas daerah geografis yang luas. 
    Sampai disini saja sahabat yang dapat dikmediatech bahas mengenai jaringan berbasis luas atau Wide Area Network, terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan membantu dalam memahami sebuah jaringan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »