Manfaat dan Keunggulan Database | dikmediatech

Manfaat dan Keunggulan Database

Manfaat dan Keunggulan Database

     Selamat datang sahabat setia dikmediatech, pada artikel kali ini dikmediatech akan membahas seputar database kembali, pastinya sahabat sudah mengetahui apa itu database server ? jika belum mengetahui tenang jangan khawatir, silahkan simak pengertianya di samping Pengertian Database server, dan database juga memiliki jenis jenis software aplikasi, software tersebut bisa sahabat ketahui dengan menekan link aktif ini Jenis jenis software database server.

     Seiring perkembangan zaman teknologi informasi dan komunikasi, terutama mengenai teknologi di masa sekarang ini sudah begitu canggih dibandingkan dari tahun tahun sebelumnya, dan sekarang juga mayoritas orang menggunakan teknologi yang canggih, baik dari yang belum cukup umur (anak anak), remaja, bahkan dewasa. Teknologi itu dapat bermanfaat apabila kita menggunakannya dengan baik dan positif, begitu juga sebaliknya. 

     Mengenai soal manfaat dan keunggulan, dibawah ini terdapat beberapa manfaat dan keunggulan dari database server

Manfaat dan Keunggulan Database Server

     Manfaat utama dalam pengelolaan database adalah agar dapat menemukan kembali data yang dicari dengan mudah dan cepat. Beberapa keunggulan dari pemanfaatan database adalah sebagai berikut :
  1. Kecepatan dan Kemudahan (Speed)
         Pemanfaatan database memungkinkan untuk dapat menyimpan data, melakukan perubahan/manipulasi terhadap data, menampilkan kembali data tersebut dengan lebih cepat dan mudah.
  2. Efisiensi Ruang penyimpanan (Space)
         Keterkaitan antara kelompok data yang satu dengan yang lainnya dalam database dapat menyebabkan terjadinya pengulangan (redundansi) data, sehingga ruang penyimpanan yang diperlukan menjadi bertambah banyak. untuk mengefisienkan penggunaan ruang penyimpanan data, database dapat melakukan penekanan jumlah pengulangan (redundansi) data tersebut diantaranya dengan menerapkan seumlah pengkodean atau membuat relasi antarkelompok data yang saling berhubungan.
  3. Keakuratan (Accurancy)
          Pembentukan relasi antar kelompok data, pengaturan tipe data, penentuan keunikan data, dan sebagainya secara ketat sangat berguna untuk menekan ketidakakuratan penyimpanan data.
  4. Ketersediaan (Availability)
         Sebuah database dapat memiliki data yang tersebar di banyak lokasi geografis. Misalnya, data nasabah sebuah bank dipisah pisah dan disimpan dilokasi sesuai dengan keberadaan nasabah. Dengan pemanfaatan teknologi jaringan komputer, data yang berada disuatu lokasi/cabang, dapat juga diakses (menjadi tersedia/avalilable) bagi lokasi yang lain.
  5. Kelengkapan (Completeness)
         dengan mengakomodasi kebutuhan kelengkapan data yang semakin berkmbang, maka didalam database dapat dilakukan penambahan record-record data, dapat dilakukan perubahan struktur dalam database baik penambahan objek baru (tabel) atau dengan penambahan field-fileld baru pada suatu tabel tersebut.
  6. Keamanan (Security)
         Untuk suatu sistem yang besar dan serius, aspek keamanan harus diperhatikan dan diterapkan secara ketat. Hal ini dapat dilakukan dengan penentuan siapa siapa yang boleh menggunakan database beserta objek objek didalamnya dan menentukan jenis jenis operasi apa saja yang boleh dilakukan.
  7. Kebersamaan pemakaian (Sharebility)
         Pemakai database seringkali tidak terbatas pada satu pemakai saja atau di satu lokasi saja oleh satu sistem aplikasi. Misalnya data pegawai dalam database kepegawaian dapat digunakan oleh banyak pemakai, dari sejumlah departemen dalam perusahaan atau oleh banyak sistem (sistem penggajian, sistem akutansi, sistem inventori, dan sebagainya).

Penerapan Database

     Hampir semua perusahaan, organisasi, dan instansi menerapkan database dalam pekerjaannya. Adapun contoh dari penerapan database adalah sebagai berikut :
  • Inventory (pergudangan), digunakan untuk proses penerimaan barang, menyimpan barang, dan pengeluaran barang.
  • Pendidikan, digunakan untuk mengelola data siswa, penjadwalan kegiatan belajar mengajar, mengelola data guru, dan lain sebagainya.
  • Rumah sakit, digunakan untuk mengelola data sejarah pengobatan pasien, pembayaran perawatan rawat inap, dan lain lain.
  • Asuransi, digunakan untuk pengelolaan data nasabah/data pembayaran premi dan pemrosesan pengajuan klaim asuransi.
  • Perbankan, digunakan untuk pengelolaan data nasabah/data tabungan/pinjaman, pembuatan laporan akutansi, pelayanan informasi pada nasabah/calon nasabah.
  • Industri manufaktur, digunakan untuk membantu pengelolaan pesanan barang dan mengelola data karyawan.
  • Telekomunikasi, digunakan untuk melakukan pengelolaan data administrasi kabel/ data pelanggan, menangani gangguan, dan lain lain.
     Sampai disini saja sahabat dikmediatech yang dapat dikmediatech bahas mengenai manfaat database ? keunggulan database ? Penerapan database ?, terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini , semoga dapat bermanfaat untuk sahabat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »