Pengertian Database Server lengkap | dikmediatech

Pengertian Database Server

Pengertian Database Server

    Selamat datang sahabat setia dikmediatech, selamat datang di blog dikmediatech, pada kesempatan kali ini dikmediatech akan membahas mengenai materi teknik komputer dan jaringan, yaitu database server, sebelum mengenal lebih jauh ada baiknya sahabat mengetahui apa itu database server. apa itu database server ?

     Pernahkah sahabat mendengar tentang database server ? mungkin sebagian orang tidak mengetahui apakah database server itu, apa fungsinya, dan berapa banyak jenis database sebenarnya ? bila sahabat tidak mengetahuinya, bukan karena sahabat tidak tahu namun kemungkinan penjelasan dari beberapa sumber kurang jelas akhirnya sulit untuk dipahami. pada artikel kali ini akan dibahas penjelasan yang mungkin dapat sahabat pahami dan simak.
Baca juga : Konfigurasi DNS server 
Baca juga : Konfigurasi IP Address  

Pengertian Database Server

    Database server adalah program komputer yang menyediakan layanan data lainnya ke komputer atau program komputer, seperti yang ditetapkan oleh model client-server. istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan program server database. Database manajemen sistem yang sering menyediakan fungsi server, dan beberapa DBMSs (misalnya, MySQL) secara ekslusif bergantung pada model client-server untuk akses data.

     Dengan database server, kita akan dipermudah untuk menjalankan aplikasi dengan satu server tanpa harus mengganggu pengguna lainnya. Selain itu, dalam database ada dua pihak yang mungkin harus diketahui yaitu management database dan client. Untuk mengetahui tentang database server kebuh mendalam, maka bersungguh sungguhlah dalam memahami materi ini.

    Beberapa contoh database server antara lain Oracle, DB2, Informix, Ingres, SQL Server. setiap server menggunakan query logika dan struktur sendiri. Bahasa query SQL kurang lebih sama disemua server database. Program komputer lain, seperti yang didefinisikan oleh mode client server. Istilah ini juga dapat merujuk ke komputer yang didedikasikan untuk menjalankan program seperti itu.
Baca juga : Konfigurasi Web Server
Baca juga : Pengertian DHCP Server 

     Sistem manajemen database yang sering menyediakan fungsionalitas database server, dan beberapa DBMSs(misalnya, MySQL) bergantung secara ekslusif pada model client-server untuk mengakses database. Server tersebut diakses baik melalui suatu "front end" yang berjalan dikomputer pengguna menampilkan data yang diminta atau "Back end" yang berjalan pada server dan menangani tugas tugas seperti analisis data dan penyimpanan. Dalam model Master-slave, database master adalah server pusat dan lokasi utama data sementara database slave server akan disinkronkan backup dari master yang bertindak sebagai proxy.

     Sampai disini saja sahabat dikmediatech yang dapat dikmediatech bahas, terimakasih sudah mengunjungi dan membaca artikel ini , semoga dapat bermanfaat dan membantu sahabat dalam memahami lebih dalam mengenai database server.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »