Jenis Jenis Software Database Server | dikmediatech

Jenis Jenis Software Database Server 

Jenis Jenis Software Database Server

    Selamat datang sahabat dikmediatech, pada artikel kali ini dikmediatech akan membahas tentang Jenis jenis software database server. sebelum mengenal lebih jauh ada baiknya sahabat mengetahui dan memahami pengertian dan fungsi dari database server itu sendiri, jangan khawatir dikmediatech akan memberikan pengertian singkat dari database server, 

    Apa itu database server ? database server adalah Database server adalah program komputer yang menyediakan layanan data lainnya ke komputer atau program komputer, seperti yang ditetapkan oleh model client-server. istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan program server database. Database manajemen sistem yang sering menyediakan fungsi server, dan beberapa DBMSs (misalnya, MySQL) secara ekslusif bergantung pada model client-server untuk akses data.

      Untuk lebih jelas mengetahui database : Pengertian, Fungsi database server software database server dibawah ini terdapat beberapa software.
Baca juga : Cara konfigurasi Database server linux debian
     Berikut adalah beberapa software database server beserta penjelasannya :
1. MySQL
       MySQL merupakan aplikasi pengolah (database yang bersifat open source, yang dikembangkan oleh  Oracle, sebelumnya sun dan MySQL AB). MySQL merupakan pengolah database yang paling banyak digunakan didunia dan lazim di terapkan untuk aplikasi web.

2. SQLite
       SQLite merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source yang dikembangkan oleh D.Richad Hipp. dikenal sebagai pengolah database yang sangat kecil ukuran programnya. 

3. Microsoft SQL server
        Microsoft SQL Server merupakan aplikasi pengolah database yang dikembangkan oleh microsoft dan bersifa propietary (komersial), akan tetapi tersedia juga versi freeware-nya.

4. Oracle
        Oracle merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat propietary (komersial) dikembangkan oleh oracle corporation, pengolah database ini terbagi dalam beberapa bagian dengan segmen dan tujuan penggunaan yang berbeda beda.

5. IBM DB2
        IBM DB2 merupakan aplikasi pengolah database yang dikembangkan oleh IBM secara proprietary (komersial). DB2 terbagi menjadi 3 varian, Yaitu DB2 untuk linux; Unix; Windows, DB2 untuk z/OS (mainframae), dan DB2 untuk iseries (OS/400).

6. PostgreSQL atau postgres
        PostgreSQL atau Postgres merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh PostgreSQL Global Development group. Tersedia dalam berbagai platform sistem operasi seperti linux, freeBSD, Solaris, Windows, dan Mac OS/

7. Mongo DB
         Mongo DB merupakan aplikasi pengolah data yang bersifat open source, dikembangkan oleh 10 gen. tersedia untuk berabagai platform sistem operasi dan dikenal telah digunakan oleh situs foursquare, MTV network dan craigslist.

8. Web DNA 
         Web DNA merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat freeware dikembangkan oleh web DNA software corporation. Didesain untuk digunakan di web.

9. Apache Derby (Sebelumnya dikenal sebagain IBM Cloudscape)
         Apache Derby merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source,m dikembangkan oleh Apache software Foundation. Lazim digunakan di program java dan untuk pemrosesan transaksi online.

10. Sybase
          Sybase merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat proprietary (komersial), dikembangkan oleh SAP. Ditargetkan untuk pengembangan aplikasi mobile.

11. CouchDB
           CouchDB merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh apache software foundation. Difokuskan untuk digunakan di server web.

12. Redis
         Redis merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh salvatore sanfilippo (disponsori oleh VMware). Difungsikan untuk jaringan komputer.

13. Firebird 
         Firebird merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh firebird project. Lazim dijalankan di linux, Windows, dan Berbagai varian linux.

     Sampai disini saja sahabat dikmediatech  yang dapat dikmediatech bahas, terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu sahabat dalam mengetahui jenis jenis software database server.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »