Pengertian dan Fungsi Microsoft Office Word 2007 lengkap | dikmediatech


Pengertian dan Fungsi Microsoft Office Word 2007 lengkap


Pengertian dan Fungsi Microsoft Office Word 2007 lengkap

       
       Selamat datang sahabat dikmediatech, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian dan fungsi dari microsoft word 2007, sebelum mengenal lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui pengertian dan fungsi fungsi microsoft word, terdapat banyak microsoft office ada microsoft office word, microsoft office excel, microsoft office powerpoint, microsoft office access, dan microsoft office lainnya.

    Mungkin sahabat sudah mengenal apa itu microsoft word ? apa itu microsoft word ? microsoft word merupakan perangkat lunak yang di luncurkan oleh perusahaan microsoft corporation milik bill gates. Microsoft word juga merupakan perangkat lunak pengolah kata pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring. Seperti yang sudah saya bahas dalam artikel sejarah microsoft word 2007.

     Terdapat juga fungsi fungsi dari icon atau simbol, toolbar dan lainnya yang ada pada software microsoft word, fungi disini yang akan saya bahas mengenai fungsi office button, Ribbon dan juga Group; langsung saja simak fungsi fungsi dibawah ini :

1. Office button
      Secara default, office button terdapat dua kolom, yang berisikan perintah New, Open, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Public, dan Close.
Berikut fungsi fungsi dari office button :
  • New : berfungsi untuk membuat dokumen baru.
  • Open : berfungi untuk membuka dokumen yang tersimpan.
  • Save : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang aktif.
  • Save as : berfungi untuk menyimpan dokumen dengan nama lain.
  • Print : berfungsi untuk mencetak dokumen yang aktif.
  • Prepare : berfungsi untuk mengatur properties khusus pada dokumen yang aktif.
  • Send : berfungsi untuk mengirim dokumen yang aktif sebagai email atau facsimile.
  • Publish : berfungsi untuk menerbitkan dokumen aktif internet.
  • Close : berfungsi untuk menutup file dokumen aktif


2. Quick Access Button
      Quick access button berisikan perintah yang secara default terdiri dari Save, Undo, dan Redo:
  • Save : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang aktif.
  • Undo : berfungsi untuk mengembalikan perintah sebelumnya.
  • Redo : berfungsi untuk mengembalikan perintah sesudahnya.

3.Ribbon
     Ribbon berisikan Tab Home, Tab Insert, Tab Page layout, Tab References, Tab Maillings, Tab Review, Tab View :
  • tab home, terdapat 5 grup yaitu grup Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing.
  • tab insert, terdapat 7 grup yaitu grup Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, dan Symbols.
  • tab page layout, terdapat 5 grup yaitu grup themes, Page setup, Page Background, Paragraph, dan Arrange.
  • tab References, terdapat 6 grup yaitu grup Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, dan Table of Authorities.
  • tab Maillings, terdapat 4 grup yaitu grup Create, Start Mail Merge, Write & Insert Fields, Preview Results, dan Finish.
  • tab review, terdapat 6 grup yaitu grup Proofing, Comments, Tracking, Changes, Compare, dan Protect.
  • tab view, terdapat 5 grup yaitu Document Views, Show/Hide, Zoom, Window, dan Macros
4. Ruler adalah fitur untuk mengatur letak halaman baik secara horizontal maupun vertikal.
5. Status bar berfungsi untuk menampilkan informasi jendela dokumen yang aktif.
6. Control button terdapat tiga icon yaitu minimize, maximize, restore down, dan close.
7. Zoom slider berfungsi untuk mengatur ukuran layar dokumen dalam ukuran persen %  ukuran normal dari tampilan microsoft word adalah 100%.
8. View toolbar berfungsi untuk mengatur style tampilan layar. Terdapat 5 pilihan tampilan, yaitu print layout, full screen reading, web layout, outline, dan draft.
9. Halaman dokumen merupakan area untuk mengetik naskah dokumen.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »